Cara MEMBACA/MENGHITUNG DRAFT KAPAL, Dengan Mudah dan Cepat
Kapal adalah alat pengangkut dan alat transportasi laut, kapal bukan hanya dapat mengangkut penumpang tapi semuanya juga bisa diangkut tergantung jenis dan fungsi dari kapal tersebut. Kapal banyak kita jumpai di setiap perairan laut Indonesia sendiri, ada ratusan bahkan ribuan kapal yang ada di perairan Indonesia. Kapal Pelni saja sekarang ini sangat banyak tersebar beberapa pulau di perairan laut yang berfungsi sebagai transportasi laut untuk mengangkut penumpang dan kadang kala ada juga yang mengangkut kedaraan atau hewan dan biasanya kapal Pelni ini sangat membantu dalam transportasi laut karena relatif murah dan ekonomis jadi cocok untuk masyarakat kalangan ekonomi menegah kebawah, meskipun mingkin waktu yang dibutuhkan untuk berlayar agak lama.
Selain kapal pelni di laut Indonesia juga dipenuhi kapal pengangkut barang atau cargo, baik itu bahan makanan, hasil tambang, hewan dan berbagai macam barang yang dapat di muat ke suatu kapal yang dapat diperdagangkan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tapi tahu kah anda bahwa setiap kapal mempunyai draft atau hitungan berapa muatan yang ada di atas kapal dan tahukah anda bahwa setiap kapal mempunyai batas maksimum muatan setiap kapal. Sudah jelas setiap kapal mempunyai batas maksimum muatan dan dilengkapi dengan hitungan draft yang berada di dinding bawah setiap kapal, semuanya lengkap dan dibuat dengan hitungan yang matang dan akurat. Posisi draft kapal terletak di bagian depan, tengah dan belakang kapal. Mengapa hampir di setiap sudut atau bagian bawah kapal terdapat draft karena untuk mengetahui kapal pada saat memuat cargo tidak sanging, nungging atau miring jadi draft itu yang menentukan.
Baca Juga : Cara Mengetahui Posisi Kapal
Dalam pengiriman suatu cargo atau barang jika selesai dimuat atau sudah completed tiba saatnya chipmat kapal dan surveyor atau otoritas dalam perhitungan draft langsung membaca atau minghitung draft muatan kapal di atas kapal tersebut. Bukan hal sepeleh dalam membaca dan menghitung draft butuh ketelitian dan kesabaran karena harus turun dari kapal tersebut dan keliling menggunakan speadboat untuk membaca draft, kadang kala juga jika sulit dilihat menggunakan speadboat mau tidak mau harus pakai tangga monyet yang tentunya dengan hati - hati.
Baca Juga : Kapal Pengangkut Cargo
Dalam menghitung draf hal yang harus dipahami adalah :
1. Bisa Membaca Draft Pada Kapal
Dalam membaca draft harus benar - benar teliti dan akurat, karena dari hasil membaca draft akan dihitung jumlah atau kuantiti cargo di atas kapal sesuai dengan stowage plan yang sudah diberikan dari chipmat atau kapten kapal. Sebelum melakukan pemuatan ke kapal secara otomatis surveyor dan chipmat harus melakukan initial draft terlebih dahulu untuk mengetahui kuantiti kapal dalam keadaan kosong atau belum dilakukan pemuatan. Proses initial draf dilakukan pada 6 titik yaitu tiga titing di samping kiri kapal dan tiga titik di samping kanan kapal dengan posisi depan, tegah dan belakang kapal. Secara detail nanti akan kita jelaskan cara menghitung draft kapal jika salah satu bagian tidak bisa dibaca dengan jelas. Untuk membaca draf sangat mudah yang dapat saya contohkan sebagai berikut.
Jadi hasil pembacaan draft untuk Gambar 1.2 di atas adalah 4,90 meter
Jika anda susah atau kesulitan dalam membaca draft karena kondisi tidak memungkinkan seperti gelombang tinggi, ombak sangat tinggi, alur sangat kencang maka anda bisa menggunakan metode lain, bagi yang sudah berpengalaman pasti sudah tahu sistem ini dan ini real dilakukan di lapangan. Trik dan caranya adalah sebagai berikut :
Ambil Rata-rata Alun.
Cara ini sangat sering dijumpai di laut yaitu mengambil nilai rata-rata pembacaan alun tertinggi dan alun terendah, anda catat pembacaan tersebut setelah itu kita bagi dengan frekuensi pembacaan.
Pembacaan saat Alun Tenang.
Pembacaan dengan cara ini sulit tapi ada moment anda harus benar-benar tungggu kesempatan alun slack/ alun tenang disaat kondisi alun yang begitu cepat berubah dan ritme nya cepat. Ada sela-sela perubahan alun yang akan begitu cepat, akan ada kondisi alun slack/ tenang, nah disitu lah kita akan mencatat draft dia angka berapa posisi pada saat tenang
Ketika alun slack anda akan baca draft kapal dengan baik.
2. Bisa Membaca dan Menghitung Draft Kapal Bagian Depan, Tengah dan Bagian Belakang Kapal
Pada tahap pertama di atas saya bisa pastikan anda sudah bisa membaca draft, jangan sampai dengan tulisan yang saya sudah bagikan di point pertama di atas yang begitu sudah saya rincikan dilengkapi dengan tabel dan gambar kapal dengan drafnya yang langsung actual sesuai keadaan pada saat pengalaman pembacaan draft kapal masih belum memahami maka anda harus terjun langsung ke lapangan, karena teori dan praktek itu sangat jauh berbeda. Jika di point pertama di atas saya sudah jelaskan cara membaca draft maka sekarang cara menghitung draft jika salah satu dari bagian pembacaan draft sulit untuk dijangkau dengan mata atau posisi yang tidak memungkinkan.
Sudah saya jelaskan di atas bahwa dalam pembacaan draft ada tiga posisi draft pada kapal yaitu bagian depan, bagian tegah dan bagain belakang. Nah yang saya mau bagikan kepada anda, bagaimana jika bagian belakang tidak bisa terbaca karena keterbatasan jangkauan untuk membacanya. Solusinya sangay mudah yang penting 2 bagian draft kapal sudah anda ketahui yaitu bagian depan dan tengah. Maka akan berlaku rumus seperti berikut :
Contoh : Hasil pembacaan draft anda seperti ini.
- Draft Depan ( d ) = 5,9 meter
- Draft Tengah ( t ) = 5,7 meter
- Yang tidak terbaca draft belakang ( b ) =...........?????
Penyelesaiannya :
Rumus yang harus anda gunakan adalah b= {(t x 2)}-d
dimana dik d = 5,9 meter
t = 5,7 meter
Ditanya. b = ..........?
b = {(t × 2)}-d
= {(5,7 × 2)} - 5,9
= {(11,4)} - 5,9
= 5,5 Meter
Jadi draft tegah didapat =5,5 meter.
Sangat mudah dalam menghitung draft yang tidak bisa anda bacakan, anda harus mampu mencari solusi yang terbaik jika menghadapi masalah pada saat pembacaan draft, jangan karena satu bagian draft tidak bisa terbaca membuat pekerjaan anda tidak selesai sehingga membuat anda bingung sendiri. Saya ingat kata boss, semua masalah itu pasti ada jalam keluarnya dan saya yakini itu.
Baca Juga : Cara Mengetahui Posisi Pesawat
Nah bagaimana jika draft depan yang tidak bisa anda baca karena draft depan juga agak masuk ke dalam pada saat pembacaan agak sulit dan susah dibaca dengan mata telanjang. Tidak usah panik dan bingung, berikut perhitungannya.
Contoh : Hasil pembacaan draft anda,
- Draft tengah ( t ) = 5,7 Meter
- Draft belakang ( b ) = 5,5 Meter
Yang tidak terbaca draft depan ( d ) = ........???
Penyelesaiannya begini, kita yetap pakai rumus awal hanya subsitusinya saja yang berubah.
Dimana dik ( t ) = 5,7 Meter
( b ) = 5,5 Meter
Ditanya ( d ) =......?
b =( t × 2 )- d
5,5 =( 5,7 × 2 ) - d
5,5 = ( 11,4 ) - d
d = 11,4 - 5,5
d = 5,9 Meter
Jadi draft depan didapat d = 5,9 Meter.
Dari perhitungan kedua contoh di atas hasilnya sama kan? Oleh sebab itu jika teori sama praktek berjalan bersama - sama dalam artian anda menguasai teori anda juga harus mempraktekkannya, jika anda pelaut apalagi sebagai chipmat di kapal anda harus benar - benar bisa melakukan pembacaan dan perhitungan draft kapal dengan teliti, tepat dan cepat pastinya. Jika anda salah dalam menghitung draft apalagi muatan kapal maka anda akan sulit untuk berlayar karena muatan yang anda akan bawak mempunyai aturan sesuai dengan kesepakatan carter kapal anda. Semoga dengan sedikit tulisan artikel tentang cara membaca dan menghitung draft kapal ini bisa membantu anda khususnya pelaut dalam melaksanakan tugasnya. Terima kasih.
Selain kapal pelni di laut Indonesia juga dipenuhi kapal pengangkut barang atau cargo, baik itu bahan makanan, hasil tambang, hewan dan berbagai macam barang yang dapat di muat ke suatu kapal yang dapat diperdagangkan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Tapi tahu kah anda bahwa setiap kapal mempunyai draft atau hitungan berapa muatan yang ada di atas kapal dan tahukah anda bahwa setiap kapal mempunyai batas maksimum muatan setiap kapal. Sudah jelas setiap kapal mempunyai batas maksimum muatan dan dilengkapi dengan hitungan draft yang berada di dinding bawah setiap kapal, semuanya lengkap dan dibuat dengan hitungan yang matang dan akurat. Posisi draft kapal terletak di bagian depan, tengah dan belakang kapal. Mengapa hampir di setiap sudut atau bagian bawah kapal terdapat draft karena untuk mengetahui kapal pada saat memuat cargo tidak sanging, nungging atau miring jadi draft itu yang menentukan.
Baca Juga : Cara Mengetahui Posisi Kapal
Dalam pengiriman suatu cargo atau barang jika selesai dimuat atau sudah completed tiba saatnya chipmat kapal dan surveyor atau otoritas dalam perhitungan draft langsung membaca atau minghitung draft muatan kapal di atas kapal tersebut. Bukan hal sepeleh dalam membaca dan menghitung draft butuh ketelitian dan kesabaran karena harus turun dari kapal tersebut dan keliling menggunakan speadboat untuk membaca draft, kadang kala juga jika sulit dilihat menggunakan speadboat mau tidak mau harus pakai tangga monyet yang tentunya dengan hati - hati.
Baca Juga : Kapal Pengangkut Cargo
Dalam menghitung draf hal yang harus dipahami adalah :
1. Bisa Membaca Draft Pada Kapal
Dalam membaca draft harus benar - benar teliti dan akurat, karena dari hasil membaca draft akan dihitung jumlah atau kuantiti cargo di atas kapal sesuai dengan stowage plan yang sudah diberikan dari chipmat atau kapten kapal. Sebelum melakukan pemuatan ke kapal secara otomatis surveyor dan chipmat harus melakukan initial draft terlebih dahulu untuk mengetahui kuantiti kapal dalam keadaan kosong atau belum dilakukan pemuatan. Proses initial draf dilakukan pada 6 titik yaitu tiga titing di samping kiri kapal dan tiga titik di samping kanan kapal dengan posisi depan, tegah dan belakang kapal. Secara detail nanti akan kita jelaskan cara menghitung draft kapal jika salah satu bagian tidak bisa dibaca dengan jelas. Untuk membaca draf sangat mudah yang dapat saya contohkan sebagai berikut.
Gambar 1.1 Tabel draft
Gambar 1.2 Draft Kapal
Jadi hasil pembacaan draft untuk Gambar 1.2 di atas adalah 4,90 meter
Jika anda susah atau kesulitan dalam membaca draft karena kondisi tidak memungkinkan seperti gelombang tinggi, ombak sangat tinggi, alur sangat kencang maka anda bisa menggunakan metode lain, bagi yang sudah berpengalaman pasti sudah tahu sistem ini dan ini real dilakukan di lapangan. Trik dan caranya adalah sebagai berikut :
Ambil Rata-rata Alun.
Cara ini sangat sering dijumpai di laut yaitu mengambil nilai rata-rata pembacaan alun tertinggi dan alun terendah, anda catat pembacaan tersebut setelah itu kita bagi dengan frekuensi pembacaan.
Pembacaan saat Alun Tenang.
Pembacaan dengan cara ini sulit tapi ada moment anda harus benar-benar tungggu kesempatan alun slack/ alun tenang disaat kondisi alun yang begitu cepat berubah dan ritme nya cepat. Ada sela-sela perubahan alun yang akan begitu cepat, akan ada kondisi alun slack/ tenang, nah disitu lah kita akan mencatat draft dia angka berapa posisi pada saat tenang
Ketika alun slack anda akan baca draft kapal dengan baik.
2. Bisa Membaca dan Menghitung Draft Kapal Bagian Depan, Tengah dan Bagian Belakang Kapal
Pada tahap pertama di atas saya bisa pastikan anda sudah bisa membaca draft, jangan sampai dengan tulisan yang saya sudah bagikan di point pertama di atas yang begitu sudah saya rincikan dilengkapi dengan tabel dan gambar kapal dengan drafnya yang langsung actual sesuai keadaan pada saat pengalaman pembacaan draft kapal masih belum memahami maka anda harus terjun langsung ke lapangan, karena teori dan praktek itu sangat jauh berbeda. Jika di point pertama di atas saya sudah jelaskan cara membaca draft maka sekarang cara menghitung draft jika salah satu dari bagian pembacaan draft sulit untuk dijangkau dengan mata atau posisi yang tidak memungkinkan.
Contoh : Hasil pembacaan draft anda seperti ini.
- Draft Depan ( d ) = 5,9 meter
- Draft Tengah ( t ) = 5,7 meter
- Yang tidak terbaca draft belakang ( b ) =...........?????
Penyelesaiannya :
Rumus yang harus anda gunakan adalah b= {(t x 2)}-d
dimana dik d = 5,9 meter
t = 5,7 meter
Ditanya. b = ..........?
b = {(t × 2)}-d
= {(5,7 × 2)} - 5,9
= {(11,4)} - 5,9
= 5,5 Meter
Jadi draft tegah didapat =5,5 meter.
Sangat mudah dalam menghitung draft yang tidak bisa anda bacakan, anda harus mampu mencari solusi yang terbaik jika menghadapi masalah pada saat pembacaan draft, jangan karena satu bagian draft tidak bisa terbaca membuat pekerjaan anda tidak selesai sehingga membuat anda bingung sendiri. Saya ingat kata boss, semua masalah itu pasti ada jalam keluarnya dan saya yakini itu.
Baca Juga : Cara Mengetahui Posisi Pesawat
Nah bagaimana jika draft depan yang tidak bisa anda baca karena draft depan juga agak masuk ke dalam pada saat pembacaan agak sulit dan susah dibaca dengan mata telanjang. Tidak usah panik dan bingung, berikut perhitungannya.
Contoh : Hasil pembacaan draft anda,
- Draft tengah ( t ) = 5,7 Meter
- Draft belakang ( b ) = 5,5 Meter
Yang tidak terbaca draft depan ( d ) = ........???
Penyelesaiannya begini, kita yetap pakai rumus awal hanya subsitusinya saja yang berubah.
Dimana dik ( t ) = 5,7 Meter
( b ) = 5,5 Meter
Ditanya ( d ) =......?
b =( t × 2 )- d
5,5 =( 5,7 × 2 ) - d
5,5 = ( 11,4 ) - d
d = 11,4 - 5,5
d = 5,9 Meter
Jadi draft depan didapat d = 5,9 Meter.
Dari perhitungan kedua contoh di atas hasilnya sama kan? Oleh sebab itu jika teori sama praktek berjalan bersama - sama dalam artian anda menguasai teori anda juga harus mempraktekkannya, jika anda pelaut apalagi sebagai chipmat di kapal anda harus benar - benar bisa melakukan pembacaan dan perhitungan draft kapal dengan teliti, tepat dan cepat pastinya. Jika anda salah dalam menghitung draft apalagi muatan kapal maka anda akan sulit untuk berlayar karena muatan yang anda akan bawak mempunyai aturan sesuai dengan kesepakatan carter kapal anda. Semoga dengan sedikit tulisan artikel tentang cara membaca dan menghitung draft kapal ini bisa membantu anda khususnya pelaut dalam melaksanakan tugasnya. Terima kasih.
loading...